Tugas 3 : Literature Review pada Objek Desain



Jurnal 1

Judul : Analisis Semiotika Struturalisme Ferdinand de Saussure pada Cerpen Anak "Ke Hutan"

Objek : Cerpen Anak "Ke Hutan" Karya Yosep Rustandi

Pendekatan/Metode : Deskriptif Kualitatif

Analisis : Penggunaan teori Ferdinand de Saussure dapat dilihat dari penanda (Signifier) dan petanda (Signified) serta makna mengupas penanda dan petanda pada cerpen anak “Ke Hutan” dengan kajian semiotik Ferdinand De Saussure. Karena bukan hanya cerpen dewasa yang bisa dianalisis oleh pendekatan semiotik, tetapi cerpen anak juga bisa dianalisis, bahkan semua karya sastra dapat dianalisis dengan pendekatan semiotik.

Kesimpulan : Penanda dan petanda memiliki jangkauan yang luas dalam pengertiannya. Apapun yang ada di dalam karya sastra memiliki tanda yang dapat diamati kemudian tanda tersebut menghasilkan makna baru. Maka dari itu, tidak ada batasan tanda dalam fenomena bahasa. Dalam cerpen anak “Ke Hutan” ditemukan 11 tanda yang dapat diamati, yaitu (1) benda untuk menunjukkan tujuan, (2) sifat tokoh Rakey, (3) nasihat kebaikan, (4) keadaan yang berlawanan, (5) latar belakang pengarang, (6) motivasi tersirat, (7) majas personifikasi, (8) solidaritas dan kebersamaan, (9) pesan moral, (10) unsur religius dan (11) kesederhanaan serta keasrian alam. Dalam sebuah karya sastra, jika dikaji menggunakan pendekatan semiotik Ferdinand De Saussure akan menghasilkan penanda (signifier) dan petanda (signified), sekalipun mengkaji cerpen anak. Karena setiap tulisan mempunyai makna tersendiri, adapun makna yang tersirat maupun makna tersurat. Pada cerpen anak “Ke Hutan” karya Yosep Rustandi, terdapat beberapa makna, baik makan tersirat atau makna tersurat. Makna tersebut ditelaah hingga menemukan makna yang lebih kompleks.


Jurnal 2

Judul : Analisis Semiotika Struturalisme Ferdinand de Saussure pada Film "Ku Kira Kau Rumah"

Objek : Film "Ku Kira Kau Rumah"

Pendekatan/Metode : Deskriptif Kualitatif

Analisis : Penggunaan teori Ferdinand de Saussure dapat dilihat dari penanda (Signifier) dan petanda (Signified) serta makna membahas mengenai Makna Penanda dan Petanda, Makna Bentuk dan Isi, Makna Bahasa dan Ujaran. Peneliti meneliti tentang pemaknaan pesan moral film ku kira kau rumah sehingga menjadikan Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure sebagai acuan dalam melakukan penelitian ini

Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis data melalui film “Kukira Kau Rumah”, terdapat pesan yang mengandung makna penting dalam film tersebut. Setelah dilakukan analisis pada beberapa scene dengan mengunakan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure untuk mencari penanda dan petanda sehingga ditemukan makna pesan dalam film. Film ini memiliki beberapa pesan moral, yaitu mengajarkan tentang kejujuran, kesetiaan dan pemaaf, kesopanan dan menghargai orang lain, pekerja keras dan pantang menyerah.


Jurnal 3

Judul : Analisis Semiotika Struturalisme Ferdinand de Saussure pada Pertunjukkan "Kethoprak Ringkes"

Objek : Pertunjukkan "Kethoprak Ringkes"

Pendekatan/Metode : Deskriptif Kualitatif

Analisis : Penggunaan teori Ferdinand de Saussure dapat dilihat dari penanda (Signifier) dan petanda (Signified) serta Kethoprak Ringkes mencoba membuat karya ini dalam format kethoprak dan tentunya dengan gaya-gaya banyolan para aktor. Tidak semua adegan seperti pada adegan yang dipentaskan Teater Koma.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis data melalui Pertunjukan "Kethoprak Ringkes", Seni tradisi ini hendaknya terus dilestarikan. Selain sebagai sarana hiburan masyarakat, juga edukasi perihal keseharian masyarakat. Bahkan pada beberapa pemaknaan, ternyata kata atau kalimat yang diucapkan merupakan kebiasaan atau aktivitas masyarakat. Ini menunjukkan bahwa edukasi tidak sebatas pada fungsi seni tradisi, tapi juga mengenai kebiasaan-kebiasaan yang ada.


Objek Desain Film Adit & Sopo Jarwo


Animasi Adit Sopo Jarwo merupakan serial animasi anak asal Indonesia yang ditayangkan melalui saluran TV swasta di Indonesia. Serial animasi Adit Sopo Jarwo menampilkan beberapa tokoh yang memiliki karakterisasi dan penokohan berbeda-beda dengan latar tempat perkampungan dekat dengan kota besar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan representasi makna visual yang ingin disampaikan melalui visualisasi tokoh animasi Adit Sopo Jarwo, berkaitan dengan unsur-unsur visual seperti warna, gesture, dan karakter. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk membuka dan memaparkan dengan teliti bagaimana unsur-unsur visual dan makna simbolik pada visualisasi tokoh animasi Adit Sopo Jarwo sehingga memberikan konsep penokohan yang sangat kuat dalam alur cerita yang disampaikan.

Pendekatan/Metode : Deskriptif Kualitatif

Analisis : Animasi Adit Sopo Jarwo merupakan film animasi 3D untuk anak yang disajikan melalui series dengan menyajikan kisah persahabatan dan petualangan antara Adit, Denis, dan Adel. Setiap hari mereka belajar dan bermain bersama juga selalu menebarkan kebaikan dengan membantu orang yang sedang membutuhkan pertolongan, namun selalu terdapat hal yang menarik saat mereka mengalami kesalahpahaman antara Adit, Denis, Adel dengan Bang Sopo dan Bang Jarwo. Namun yang uniknya adalah disini selalu tersimpan pesan moral yang ingin disampaikan kepada penonton. Dalam setiap episode yang ditayangkan selalu menampilkan kisah-kisah keseharian khas masyarakat Indonesia sehingga tidak hanya pesan moral namun dari segi budaya juga tersampaikan.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis data melalui Film "Adit & Sopo Jarwo", Dari pemaparan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pembentukan tokoh memang sangat didukung dari pembuatan karakter itu sendiri dari mulai proporsi, warna pakaian yang digunakan, juga gesture yang ditampilkan pada setiap tokohnya. Karena dalam pembangunan karakter hal tersebut harus diperhitungkan dengan matang, agar pesan dan kesan yang disampaikan dalam setiap cerita dapat tersampaikan kepada penonoton.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS SEMIOTIKA MITOS, METAFORA DAN METOMINI DALAM LUKISAN MONALISA

TUGAS 1 SEMIOTIKA PADA OBJEK YANG ADA DISEKITAR KITA